RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) C. 1. Reservations

Nama Sekolah                    :  SMK N 1 Boyolali
Mata Pelajaran                   :  Bahasa Inggris
Kelas / Semester                :  XII / 1
Pertemuan ke                     :  1, 2,3
Alokasi waktu                    :  9 X 45’
Standar kompetensi            : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara level Intermediate
Kompetensi dasar               :  3.1 Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu
KKM                                 :  7,0

I.    INDIKATOR
1.   Ungkapan-ungkapan yang muncul secara langsung pada situasi kerja pemesanan/reservasi hotel, restaurant, tiket transpotasi dan pertunjukan olahraga atau seni dan lain-lain diekspresikan dengan tepat
2.   Ungkapan-ungkapan dalam membuat pemesanan reservasi hotel, restaurant, tiket transpotasi dan pertunjukan olahraga atau seni dan lain-lain yang dilakukan melalui alat seperti telepon, faximile atau E-mail
3.   Format pemesanan/ reservasi dan lain-lain yang dilakukan secara langsung atau melalui alat seperti telepon, faximile atau E-mail dibuat dengan tepat
4.   Ungkapan-ungkapan untuk menyebutkan/menawarkan fasilitas hotel/restaurant diucapkan dengan tepat
5.   Ungkapan-ungkapan untuk menanyakan hal/fasilitas tertentu yang diinginkan tamu atau klien diucapkan dengan tepat
6.   Berbagai wacana yang menunjang pengembangan kosa kata dan struktur kalimat dibaca dan dijawab dengan tepat

II.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempraktekan unit ini, siswa dapat:
1.   Menggunakan ungkapan-ungkapan dalam membuat pemesanan reservasi hotel, restaurant, tiket transpotasi dan pertunjukan olahraga atau seni dan lain-lain yang dilakukan secara langsung
2.   Menggunakan ungkapan- ungkapan dalam membuat pemesanan reservasi hotel, restaurant, tiket transpotasi dan pertunjukan olahraga atau seni dan lain-lain yang dilakukan melalui alat seperti telepon, faximile atau E-mail
3.   Mengisi format pemesanan/reservasi
4.   Menawarkan fasilitas hotel/restaurant dll
5.   Menanyakan hal/fasilitas tertentu yang diinginkan tamu atau klien
6.   Membaca dan menjawab berbagai wacana yang menunjang pengembangan kosakata dan struktur kalimat dengan tepat

III. MATERI PEMBELAJARAN
Ungkapan-ungkapan membuat pemesanan reservasi hotel, restaurant, tiket transpotasi dan pertunjukan olah raga atau seni dan lain- lain:
-     What can I do for you Sir/ Madam?
-     Yes Sir, the rooms are available for tomorrow
-     It’s $ 120 per day including breakfast
-     Your room number is …., the room service will take you there
-     How many nights do you want it for?
-     Etc.

IV. STRATEGI PEMBELAJARAN
Metode:
  • Questions-Answers/Discussions
  • Individual works/ pair works/group works
  • Penugasan/ Assessment/ Homework.
Pendekatan: Ketrampilan proses

V. SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber :
a.   English for Vocational Schools Book XI A  page ……..
b.   Global Access to the world to work  
Media : Papan tulis, Pictures/photos, brochures, English newspaper, Realia   

VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1

KEGIATAN WAKTU Aspek Life Skills yang dikembangkan
A.  Pendahuluan *  Salam Pembuka, menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai.
* Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana berkaitan dengan materi ajar secara lisan sebagai pemanasan/Ice breaker
  10 menit   Berbicara dengan nada lembut dan hati-hati

Berbicara dengan senyum dan suasana senang
B.  Kegiatan Inti B.1. Listening
* Mendengarkan contoh ‘Ungkapan untuk menangani tamu hotel, restaurant, travel agency’ dari kaset dan mempraktekan ungkapan tersebut (pengayaan dari materi kelas XI)
*  Mendengarkan contoh ‘percakapan sederhana sehari-hari dalam konteks professional untuk menangani tamu hotel, restaurant, travel agency’ dari kaset mempraktekan ungkapan tersebut (pengayaan dari materi kelas XI)
B.2. Speaking
*  Siswa mempraktekan percakapan tentang ‘reservation in Paramita hotel’ berdasarkan situasi yang diberikan dalam buku, bergantian peran sebagai resepsionis dan tamu. (pengayaan dari materi kelas XI)
*  Siswa bertanya jawab dalam topik ‘reserving travel tickets’ berdasarkan situasi yang diberikan seperti contoh yang ada dalam buku.
*  Siswa membuat dialog  sendiri tentang ‘percakapan sederhana konteks professional untuk menangani tamu hotel, restaurant, travel agency’ seperti contoh dialog yang ada dalam buku berpasangan atau group works. (pengayaan dari materi kelas XI)
  115 menit Kecakapan
Mendengarkan
Lawan bicara diperhatikan
Tidak berfikir ke hal lain disaat mendengarkan

Sesekali menunjukan pernyataan pada topik yang dibicarakan



Kecakapan
Berbicara
Percaya diri
Melayani orang lain
Berbicara dengan nada lembut dan hati-hati

Berbicara dengan senyum dan suasana senang
Pandangan mata ditujukan pada lawan bicara

Menganggukkan kepala pada saat setuju dengan pendapat orang lain
C.  Penutup *  Merangkum materi
*  Guru memberikan reward kepada siswa yang aktif
*  Siswa diberi tugas individual work membuat kalimat tentang ‘ungkapan ungkapan yang digunakan dalam konteks profesional sehari hari, pribadi atau dengan penutur asli atau bukan penutur asli untuk menangani tamu hotel, restaurant, travel agency’
  10 menit Kesadaran akan potensi diri dan terdorong untuk mengembangkan
Mengerjakan sesuatu sesuai pilihannya

Pertemuan ke 2

KEGIATAN WAKTU Aspek Life Skills yang dikembangkan
A. Pendahuluan * Greetings dan Tanya jawab tentang dalam konteks profesional sehari hari, pribadi atau dengan penutur asli atau bukan penutur asli   10 menit   Berbicara dengan nada lembut dan hati-hati
Berbicara dengan senyum dan suasana senang
B.  Kegiatan Inti B.3. Reading
*  Siswa bisa menemukan informasi umum dan khusus dari bacaan text tentang ‘queen of the south hotel’ dan wacana lain untuk pengembangan kosa kata dan struktur kalimat
*  Menjawab pertanyaan bacaan secara comprehensive dari bacaan yang menunjukan penanganan tamu hotel, restaurant, travel agency’
  115 menit Kecakapan membaca
Pesan tertulis dibaca dengan benar
Isi pesan tertulis dipahami dengan benar

Nalar selalu digunakan dalam bekerja
Setiap masalah difikir secara rasional
C.  Penutup *  Merangkum materi
*  Siswa diberi tugas perorangan mengerjakan excersises sebagai assessment dengan topic untuk menangani tamu hotel, restaurant, travel agency’ dalam konteks profesional maupun pribadi dengan penutur asli atau bukan penutur asli
  10 menit   Kemampuan dimanfaatkan sesuai dengan peluang yang ada

Pertemuan ke 3

KEGIATAN WAKTU Aspek Life Skills yang dikembangkan
A. Pendahuluan Salam Pembuka, menggunakan Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa.   10 menit   Berbicara dengan senyum dan suasana senang
B.  Kegiatan Inti B.4. Writing
* Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa membuat kalimat-kalimat untuk melayani dan melakukan ‘reservations’ dari situasi yang tersedia sesuai contoh dari buku
*  Melengkapi kalimat dengan suitable words dalam bacaan/ percakapan konteks professional untuk menangani tamu hotel, restaurant, travel agency’
  115 menit Kecakapan
Menulis gagasan/ pendapat
Pesan tertulis dengan benar
Isi pesan tertulis dipahami dengan benar

Menulis dengan bahasa yang benar dan sopan
C.  Penutup *  Guru memberikan pengulangan pada bagian yang   penting dan membuat kesimpulan.
*  Siswa diberi tugas/ latihan membuat contoh ‘reservation’ untuk hotel/ restaurant/ Tours and travels yang ada di kotanya
* Guru menutup pelajaran dengan salam.
  10 menit Kesadaran akan potensi diri dan terdorong untuk mengembangkan
Mengerjakan sesuatu sesuai pilihannya

VII.  PENILAIAN
Lisan; tanya jawab mempraktekan ‘reservations’
Tertulis; hasil pekerjaan Assessment dari buku

Read the letter and answer the questions. Number one has been done for you.

AUBURN ROAD 229
EAST KIEW 
Melbourne

Front Office Manager,
PARAMITA HOTEL
22 Pejanggik Street, Mataram

Dear Sir/Madam,
I   would   like   to   book  a   single   executive   room   for   three   nights   from  June the 5th 2010. Would  you mind reserving  a comfort suite room and providing a  private set of facilities for me, please?
I expect to arrive on Friday June the 5th around 2 p.m. and check in at your hotel immediately.
Please send me the bill of payment I have to pay as soon as possible. I would like to pay it in cash, then. Thank you for serving.

Yours faithfully,

Grania Graner

1.  Who sendt the letter? (Grania Graner sent the letter.)
2.  Whom was the letter written to?
3.   What did the sender request?
4.   How long was the sender going to stay?
5.  What time would he check in?
6.   What was the letter about?

Complete the following reservation form based on the letter.

PARAMITA HOTEL
22 Pejanggik Street, Mataram
Phone (+62 370) 523 453 Fax. (+62 370) 523453

RESERVATION FORM
First name              :  _________________________________________________________
Last name               :  _________________________________________________________
Sex                        : Male / Female
Passport number     :  _________________________________________________________
Nationality              :  _________________________________________________________
Address                 :  _________________________________________________________
Phone                     :  _________________________________________________________

Check in date         :  _________________________________________________________
Check out date       :  _________________________________________________________
Special request       :  _________________________________________________________
Room type             :  _________________________________________________________
Payment                 :  Credit / Cash

Signature,                                                                                        Date


_________________                                                                 _________________



Penugasan  : Mengerjakan homeworks translation ‘reservation
Portofolio   : Hasil pekerjaan siswa di tandatangani siswa dan guru ma-pel.

Boyolali,  Juli  2010
www.facebook.com

Basic personal pronouns of modern English
The basic personal pronouns of modern English are shown below.
Personal pronouns in standard Modern English


Singular
Plural

Reflexive
Subject
Object
Reflexive

First
me
myself
us
ourselves

Second
you
yourself
you
yourselves

Third
Masculine
him
himself
them
themselves

Feminine
her
herself

Neuter
it
itself

Full list of personal pronouns
The following table shows the full list of English personal pronouns and possessive determiners, including archaic and dialectal forms. Nonstandard, informal and archaic forms are in italics.

personal pronoun
possessive
pronoun
possessive
determiner
subjective
objective
reflexive
first-person
singular
I
me
myself
mine
my
mine (before vowel)
me (esp. BrE)
plural
we
us
ourselves
ourself
ours
our
second-person
singular
standard (archaic formal)
you
you
yourself
yours
your
archaic informal
thou
thee
thyself
thine
thy
thine (before vowel)
plural
standard
you
you all
you
you all
yourselves
yours
your
archaic
ye
you
yourselves
yours
your
nonstandard or informal
y'all
youse
etc.
[nb 1]
y'all
youse
y'all's selves
y'all's
y'all's
third-person
singular
masculine
he
him
himself
his
his
feminine
she
her
herself
hers
her
neuter
it
it
itself
its
its
generic/epicene (formal)
one
one
oneself
one's
generic/epicene (nonstandard)
they
them
themself, themselves
theirs
their
plural
they
them
themselves
theirs
their
  1. ^ Other variants include: yous, you/youse guys, you/youse gals, you-uns, yis, yinz; possessives: you(r) guys's, you(r) gals's, yous's
For further archaic forms, and information on the evolution of the personal pronouns of English, see Old English pronouns.
[edit] First person pronouns
Main articles: I and me
[edit] I and me
  • In modern English, me is sometimes used in colloquial speech as the predicative of the copula, occurring when the subject is the speaker. See It is I/It is me for a more detailed discussion.
  • In some dialects of English, such as Caribbean English, me may be used as a subject, in place of I.[citation needed]
[edit] My and mine, thy and thine
Main articles: my, mine, thy, and thine
  • Historically, my comes from a reduction of mine, and well after the emergence of my, mine continued to be used instead of my before words beginning with vowel sounds (e.g., the first line of “The Battle Hymn of the Republic”). Similarly with thy and thine.






What is an Adverb?
An adverb is a word that tells us more about a verb. It "qualifies" or "modifies" a verb (The man ran quickly). In the following examples, the adverb is in bold and the verb that it modifies is in italics.
  • John speaks loudly. (How does John speak?)
  • Afterwards she smoked a cigarette. (When did she smoke?)
  • Mary lives locally. (Where does Mary live?)
But adverbs can also modify adjectives (Tara is really beautiful), or even other adverbs (It works very well). Look at these examples:
  • Modify an adjective:
    - He is really handsome. (How handsome is he?)
    - That was extremely kind of you.
  • Modify another adverb:
    - She drives incredibly slowly. (How slowly does she drive?)
    - He drives extremely fast.

 

Kinds of Adverbs

Here you can see the basic kinds of adverbs.

Adverbs of Manner

Adverbs of Manner tell us the manner or way in which something happens. They answer the question "how?". Adverbs of Manner mainly modify verbs.
  • He speaks slowly. (How does he speak?)
  • They helped us cheerfully. (How did they help us?)
  • James Bond drives his cars fast. (How does James Bond drive his cars?)
We normally use Adverbs of Manner with dynamic (action) verbs, not with stative or state verbs.
  • He ran fast. She came quickly. They worked happily.
  • She looked beautifully. It seems strangely. They are happily.

Adverbs of Place

Adverbs of Place tell us the place where something happens. They answer the question "where?". Adverbs of Place mainly modify verbs.
  • Please sit here. (Where should I sit?)
  • They looked everywhere. (Where did they look?)
  • Two cars were parked outside. (Where were two cars parked?)

Adverbs of Time

Adverbs of Time tell us something about the time that something happens. Adverbs of Time mainly modify verbs.
They can answer the question "when?":
  • He came yesterday. (When did he come?)
  • I want it now. (When do I want it?)
Or they can answer the question "how often?":
  • They deliver the newspaper daily. (How often do they deliver the newspaper?)
  • We sometimes watch a movie. (How often do we watch a movie?)

Adverbs of Degree

Adverbs of Degree tell us the degree or extent to which something happens. They answer the question "how much?" or "to what degree?". Adverbs of Degree can modify verbs, adjectives and other adverbs.
  • She entirely agrees with him. (How much does she agree with him?)
  • Mary is very beautiful. (To what degree is Mary beautiful? How beautiful is Mary?)
  • He drove quite dangerously. (To what degree did he drive dangerously? How dangerously did he drive?)

Copyright © 2013 mugys-dt.go.id