Peraturan Debate Bahasa Inggris Australia
PERATURAN LOMBA DEBAT BAHASA INGGRIS PARLEMEN AUSTRALIA
DEBAT BAHASA INGGRIS
A. PENGERTIAN
1. Debat
merupakan kegiatan memperjuangkan argument tim dengan cara menyampaikan
bukti-bukti yang kuat dan relevan agar argument tim menang.
2. Meyakinkan
juri/adjudicator bahwa argnument tim adalah argument tim adalah argument yang
valid, kuat, dan benar.
B. PESERTA
Peserta debat disebut dengan DEBATERS
Debat bahasa inggris terdiri dari 2 tim yang saling
berlawanan,
1. Tim positif (affirmative/government
team). Tim positif adalah tim yang mendukung/setuju dengan topik(motion).
2. Tim negatif
(opposition team). Tim negatif adalah tim yang menentang atau tidak setuju
dengan topik yang diperdebatkan.
Dalam setiap tim terdiri dari 3 debaters, yaitu:
- Pembicara
pertama (first speaker)
- Pembicara
kedua (second speaker)
- Pembicara
ketiga (third speaker)
Ada juga yang disebut dengan reply speaker yang nantinya
akan memberikan dan menyampaikan reply speech (overview debate) yang diambil
yang diambil dari pembicara pertama atau pembicara kedua.
C. PENJURIAN
Dalam debat bahasa inggris, jumlah juri selalu ganjil unutk
menghindari adanya “seri”. Juri dalam debat disebut adjudicator.
Dalam debat bahasa inggris ada juga yang disebut dengan
chairperson yaitu orang yang memimpin jalannya debat, dan ada juga time keeper
yaitu orang yang bertugas menghitung waktu bicara debaters. Standar waktu
bicara untuk tiap debater adalah 7 menit.
D. TOPIK DEBAT
Topik yang diperdebatkan dalam debat bahasa inggris disebut
MOTION. Motion biasanya diawali dengan,
THW(This House Would....)
THBT (This House Believe That....)
Apabila motion diawali dengan dengan THW, ini berarti
proposal debate, maksudnya adalah peserta debat harus memberikan argument yang
disertai dengan solusi dan langkah-langkah yang harus dilakukan (peserta harus
mengajukan proposal) dalam solusi tersebut. Apabila motion diawali dengan THBT
maka debat itu adalah philosophical debate, maksudnya adalah dalam debat itu nantinya
hanya akan memperdebatkan bahwa sesuatu hal (yang disebutkan dalam motion
tersebut) benar atau salah, baik atau tidak, signifikan atau tidak, tanpa
memberikan langkah-langkah atau solusi penyelesaian. Baik motion THW maupun
THBT, semua argument harus selalu disertai dengan bukti-bukti dan fakta-fakta
yang relevan dan kuat serta contoh-contih yang relevan. Motion ada yang bisa
langsung diperdebatkan dan ada juga yang harus didefinisikan terlebih dahulu.
Contoh-contoh motions;
- THW stop
importing rice
- THW ban
alchoholic drinks
- THBT
homeschooling is not good, dsb
E. CARA
MENDEFINISIKAN MOTION
Mendefinisikan motion maksudnya adalah mendeskripsikan
motion agar lebih jelas dan lebih fokus atau lebih spesifik. Yang berhak
mendefinisikan motion adalah affirmative team (team positif). Sedangkan tim
negatif hanya berhak menyetujui atau menentang definisi tersebut. Apabila tim
negatif menyetujui definisi itu maka debat akan dilanjutkan sesuai dengan
motion yang telah didefinisikan tersebut. Perlu diketahui oleh semua debaters
bahwa yang diperdebatkan adalah theme line bukan definisi ataupun motion debat.
(theme line akan dijelaskan lebih lanjut nanti)
Jika tim negatif tidak setuju dengan definisi yang diajukan
oleh tim positif, maka tim negatif harus menentang definisi tersebut dan
memberikan definisi baru yang benar. Tindakan menentang definisi yang
disampaikan oleh tim positif ini dinamakan dengan CHALLENGE DEFINITION. Akan
tetapi tim negatif harus benar-benar teliti dan hati-hati sebelum melakukan
CHALLENGE DEFINITION ini, karena definisi yang bisa ditentang hanyalah definisi
yang,
-
TRUISTIC :
definisi yang sudah benar dan tidak dapat diperdebatkan lagi
- TAUTOLOGICAL/
CIRCULAR : definisi yang
berputar-putar sehingga tidak jelas pointnya
-
SQUIRELLING : definisiyang
tidak ada kaitannya dengan topik
- TIME AND
PLACE SETTING : definisi yang
mengambil setting background dengan waktu yang tidak tepat, misalnya mengambil
kejadian yang sudah sangta tidak up to date, sehingga sulit diperdebatkan.
Untuk mendefinisikan motion, kita harus mengambil kata kunci
yang penting dari motion tersebut dan mendefinisikannya sesuai dengan topik
yang aktual yang bisa diperdebatkan. Misalnya, kita ambil motion “THW ban
alchoholic drinks”. Disini ada dua kata penting, yaitu “ban” dan “alchoholic
drinks”, kita harus mendefinisikan kata tersebut tidak sekedar definisi
berdasarkan kamus. Ban (melarang=prohibit=not allow) maksudnya melarang yang
bagaimana dan seperti apa.
Kemudian kata “alchoholic drinks” juga harus didefinisikan,
tidak hanya sekedar “minuman beralkohol” saja tetapi juga perlu disertakan
dengan “minuman beralkohol dengan kadar .....%”, dengan disertai ALASAN POKOK
yang merupakan IDE POKOK atau yang biasa disebut dengan THEME LINE. THEME LINE
ini menjawab dari pertanyaan MENGAPA. Mengapa suatu hal harus dilarang, mengapa
hal harus dihentikan, mengapa suatu hal tidak harus dilarang, dsb. Theme line
inilah yang akan diperdebatkan dalam debat bahasa inggris.
INGAT: Definisi dari tim positif harus JELAS, LOGIS sesuai
motion, dan bisa diperdebatka/ada untuk diperdebatkan (debatable).
F. ARGUMENT
Setiap argument yang baik harus selalu memuat A-R-E-L, yaitu
Assertion :
kalimat berisi pernyataan dari argument yang akan disampaikan.
Reasoning :
alasan yang mendukung pernyataan argument.
Evidences :
bukti-bukti dan fakta-fakta yang mendukung argument dan alasannya.
Link back :
mengaitkan kembali dengan pokok bahasan (theme line)
G. REBUTTLE
Rebuttle adalah sanggahan dari argument lawan, yang harus
di-rebut adalah argument pokok dari tim lawan. Rebutlle biasanya berdasarkan
pada:
- Fakta yang
salah (error facts)
- Bukti yang
tidak relevan (irrelevan proof)
- Hal-hal
yang tidak masuk akal (illogical)
H. JOB DESCRIPTIONS
OF DEBATERS
AFFIRMATIVE TEAM
First speaker:
-
Menyampaikan motion
- Memberikan background
(latar belakang mengapa bisa muncul motion seperti itu, background ini
dikaitkan dengan berita aktual yang berkaitan dengan motion)
-
Menyampaikan definisi dari motion
-
Menyampaikan room of debate (apa yang akan diperdebatkan dalam debat
nanti)
-
Menyampaikan stance dari timnya (posisi dari timnya, apakah setuju atau
tidak setuju dengan topik, tim positif akan selalu setuju dengan theme line,
sedangkan tim negatif tidak setuju)
-
Menyampaikan theme line
- Menyampaikan team split (pembagian kerja
tim)
-
Menyampaikan argument pokok
-
Menyimpulkan dan mengaitkan dengan topik
Second speaker:
- Me-rebut
argument pokok first speaker tim negatif
-
Mengklarifikasi lagi kasus tim positif
-
Menyampaikan argument pokok second speaker
- Mengaitkan
argument pokok dengan topik/theme line
-
Menyimpulkan dan menyampaikan kembali theme line tim positif
Third speaker:
- Me-rebut
argument pokok second speaker tim negatif
-
Mengklarifikasi kasus tim positif
- Mengulas
kembali argument yang telah disampaikan oleh first dan second speaker tim
positif
- Menekankan
kembali rebutal yang disampaikan oleh first dan second speaker tim positif,
sambil terus menentang argument tim lawan
- Memberikan
lebih banyak contoh yang relevan dengan topik
-
Menyimpulkan apa yang disampaikan dan mengaitkan kembali apa yang
disampaikan dengan topik
- INGAT: pada
third speaker tidak boleh ada NEW MATTER (argument/materi baru). Tugas utama
pembicara ketiga adalah: ATTACK and give more examples. (umumnya ¾ dari waktu
bicara untuk rebutal)
NOTE: yang berhak menyampaikan argument hanya pembicara 1
dan 2, karena waktu pembicara 1 banyak tersita untuk definisi, background, team
split, dsb, maka argument yang paling inti sebaiknya disampaiakan oleh
pembicara 2.
NEGATIVE TEAM
First speaker:
- Merespon
definisi yang disampaikan oleh first speaker tim positif; menyampaikan apakah
menerima atau menolak definisi tersebut (accepts or challenges the defiintion)
- Rebut /
sanggahan argument yang disampaikan first speaker tim positif
-
Menyampaikan theme line tim negatif
-
Menyampaikan theme split (pembagian kerja) tim negatif
-
Menyampaikan argument pokok
-
Menyimpulkan dan mengaitkan dengan topik
Second speaker:
- Me-rebut
argument pokok second speaker tim positif
- Rebuild
kembali/ tegakkan lagi kasus /theme line tim negatif
-
Menyampaikan argument pokok second speaker negatif
- Mengaitkan
argument dengan theme line atau topik
-
Menyimpulkan dan menyampaikan kembali theme line tim negatif
Third speaker:
- Rebut
argument yang telah disampaikan oleh tim positif
- Sampaikan
kembali theme line / kasus yang disampaikan tim negatif; mengulas kembali
argument yang telah disampaikan first and second speaker tim positif
- Menekankan
kembali rebutal yang disampaikan oleh pembicara 1 dan 2 tadi, sambil terus
menentang argument tim lawan
- Memberikan
lebih banyak contoh yang relevan dengan topik
-
Menyimpulkan apa yang disampaikan dan mengaitkan kembali apa yang
disampaikan.
- INGAT: pada
third speaker tidak boleh ada NEW MATTER (argument/materi baru). Tugas utama
pembicara ketiga adalah: ATTACK and give more examples. (umumnya ¾ dari waktu
bicara untuk rebutal)
REPLY SPEAKER
Reply speaker untuk tim positif maupun tim positif memiliki
tugas:
1. Overview the
debate (mengulas kembali apa isi debat yang telah berlangsung tadi):
- Clash of the
debate (ketidakcocokan antara tim negatif dengan tim positif tadi, perbedaan
pendapat yang terjadi tadi disampaikan)
-
Menyampaikan argument apa saja yang telah disampaikan timnya
- Menyampaikan
argument apa saja yang telah disampaikan tim lawan
- Menyampaikan
kelebihan dari argument timnya dan kelemahan dari argument tim lawan
- Menekankan
bahwa argument timnya lebih bagus dan lebih berhak untuk menang berdasarkan
kelebihan argument timnya tadi. Jangan lupa untuk tetap dikaitkan dengan topik
yang diperdebatkan.
2. Reply speech
bukanlah rebutal, jadi di sini sudah tidak boleh ada lagi rebutal, maupun
hal-hal atau contoh-contoh baru.
3. Yang bisa
menjadi reply speaker adalah pembicara pertama atau pembicara kedua.
I. TIMING DALAM
DEBAT BAHASA INGGRIS
Tiap debater diberi waktu 7 menit untuk menyampaikan
subtantive speech-nya (watu berbicara pada pembicara 1,2, dan 3). Tapi tidak
untuk reply speech, untuk reply speech ini biasanya hanya 5 menit saja.
Jadi, untuk masing-masing tim diberi waktu:
- First
speaker : 7 menit (subtantive
speech)
- Second
speaker : 7 menit (subtantive speech)
- Third speaker : 7 menit (subtantive speech)
- Reply
speech : 5 menit (reply speech)
Pada subtantive speech tersebut, pada setiap menit ke-6 akan
diberi tanda ketukan satu kali oleh time keeper. Diberi ketukan 2 kali pada menit
ke-7, dan ketukan berulang-ulang pada menit ke-7 lebih 20 detik. Apabila
terjadi undertime (kurang waktu, misal kurang dari 6 menit) akan mengurangi
nilai. Apabila sudah diberi ketukan berulang-ulang tapi pembicara belum
berhenti berbicara, maka apa yang dibicarakan atau disampaikan sudah tidak akan
didengarkan lagi oleh juri, dan hal ini juga bisa mengurangi nilai.
Pada reply speech, pada menit ke-4 akan diketuk 1x, menit
ke-5 akan diketuk 2x, dan pada menit ke-5 lebih 20 detik akan diketuk
berulang-ulang.
J. ASPEK YANG DINILAI
DALAM DEBAT BAHASA INGGRIS
Ada 3 aspek yang dinilai dalam debat bahasa inggris:
1. Manner dinilai
40%, meliputi:
Delivery (public-speaking skills): bagaimana cara
penyampaian argument, efektif atau tidak.
Vocal style (volume suara), penggunaan bahasa, penggunaan
catatan, kontak mata, gesture (gerakan-gerakan tubuh), posisi berdiri (stance),
pakaian, humor, personal attack on opponents
2. Methode
dinilai 20%, meliputi:
Structure and organization (struktur/sistematika penyampaian
pidato, urut atau tidak mulai dari awal sampai akhir sesuai dengan tugas
sebagai first, second atau third speaker)
Overtime or undertime?
Kemampuan untuk merespon kasus/argument yang disampaikan
lawan
3. Matter dinilai
40%:
Materi /isi yang disampaikan dalam speech-nya, apakah
relevan atau tidak, berbobot atau tidak.
0 komentar: