RPP Bahasa Inggris Kls X SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         : SMK KHOZINATUL ULUM TODANAN
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester             : X/1

Standar Kompetensi     : Mendengarkan
 2.    Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar        :        
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari

Indikator                       :
      Mengidentifikasi pengumuman di airport
      Merespon pengumuman di airport

Jenis Teks                      : Fungsional
Tema                             : Pengumuman
Aspek / Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu              : 2 x 45 menit

1.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
      Mengidentifikasi pengumuman di airport
      Merespon pengumuman di airport

2.     Materi Pembelajaran
        a. Clip ‘announcement at the airport’ (audio)
        b. Please move to gate 1A!
        c. Will you . . . etc.
       
3.     Metoda Pembelajaran/ Tehnik : Presentasi, tanya jawab, diskusi.




4.     Langkah-langkah Kegiatan
        
TAHAPAN
KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
a. Membuka Pelajaran
- Guru memberi salam kemudian memimpin doa
- (menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia-NYA)
- Guru mengecek kesiapan peserta didik dengan cara melihat apakah peserta didik sudah menyiapkan buku dan alat tulis

b. Apersepsi   
    Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai
    Guru mengingatkan peserta didik tentang jenis-jenis teks dengan cara menanyakan kepada siswa      

c. Motivasi      
Guru menayangkan beberapa gambar dan siswa berusaha menebaknya
- (mengembangkan rasa ingin tahu)

5 menit







15 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.      Guru menayangkan materi tentang pengumuman di airport

b.      Peserta didik mendiskusikan materi tersebut sesuai dengan urutan kegiatan yang ada pada tayangan

c.        Berperilaku santun dalam berdiskusi (seperti: menghargai setiap pendapat; tidak memaksakan kehendak; mengajukan pendapat/ide dengan santun; menerima kesepakatan hasil diskusi).

   Elaborasi
d.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal sebagai tugas individu.

e.        Bertanggungjawab dan disiplin dalam melaksanakan  tugas

Konfirmasi
f.          Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan bahan uji kompetensi

10 menit




10 menit







20 menit






20 menit
Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman

b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.

c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi

d.   Salam penutup
(menunjukkan sikap religius dan ungkapan rasa syukur atas karunia-NYA)

10 menit


5.     Sumber/Alat Belajar
a. Buku teks yang relevan, LKS
b. Laptop, LCD Projector

6.     Penilaian
a.   Tehnik             : on-line
        b.   Bentuk            : Pilihan Ganda
        c.   Instrumen
I.     Tersedia 4 buah soal  dengan empat pilihan jawaban
II.    Pertanyaan
1.      Who are called? (Erin and Fred Collins)
2.      On what flight are they? (372A)
3.      Where do they want to go? (Kansas City)
4.      How long do they have before the doors closed? (5 minutes)
5.      What gate must they go? (3)

Note: Words in brackets are the answer.
Tindak Lanjut : Peserta didik yang belum tuntas di remidi sedangkan peserta didik yang telah
                         tuntas diberikan pengayaan



Mengetahui                                                                                         TODANAN
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran
                                                                                                           


Mugiyono , S.Pd




0 komentar:

Copyright © 2013 mugys-dt.go.id