PERATURAN LOMBA DEBAT BAHASA INGGRIS PARLEMEN AUSTRALIA

DEBAT BAHASA INGGRIS

A.  PENGERTIAN
1.      Debat merupakan kegiatan memperjuangkan argument tim dengan cara menyampaikan bukti-bukti yang kuat dan relevan agar argument tim menang.
2.      Meyakinkan juri/adjudicator bahwa argnument tim adalah argument tim adalah argument yang valid, kuat, dan benar.
B.  PESERTA
Peserta debat disebut dengan DEBATERS
Debat bahasa inggris terdiri dari 2 tim yang saling berlawanan,
1.      Tim positif (affirmative/government team). Tim positif adalah tim yang mendukung/setuju dengan topik(motion).
2.      Tim negatif (opposition team). Tim negatif adalah tim yang menentang atau tidak setuju dengan topik yang diperdebatkan.
Dalam setiap tim terdiri dari 3 debaters, yaitu:
-          Pembicara pertama (first speaker)
-          Pembicara kedua (second speaker)
-          Pembicara ketiga (third speaker)
Ada juga yang disebut dengan reply speaker yang nantinya akan memberikan dan menyampaikan reply speech (overview debate) yang diambil yang diambil dari pembicara pertama atau pembicara kedua.
C.  PENJURIAN
Dalam debat bahasa inggris, jumlah juri selalu ganjil unutk menghindari adanya “seri”. Juri dalam debat disebut adjudicator.
Dalam debat bahasa inggris ada juga yang disebut dengan chairperson yaitu orang yang memimpin jalannya debat, dan ada juga time keeper yaitu orang yang bertugas menghitung waktu bicara debaters. Standar waktu bicara untuk tiap debater adalah 7 menit.
D.  TOPIK DEBAT
Topik yang diperdebatkan dalam debat bahasa inggris disebut MOTION. Motion biasanya diawali dengan,
THW(This House Would....)
THBT (This House Believe That....)
Apabila motion diawali dengan dengan THW, ini berarti proposal debate, maksudnya adalah peserta debat harus memberikan argument yang disertai dengan solusi dan langkah-langkah yang harus dilakukan (peserta harus mengajukan proposal) dalam solusi tersebut. Apabila motion diawali dengan THBT maka debat itu adalah philosophical debate, maksudnya adalah dalam debat itu nantinya hanya akan memperdebatkan bahwa sesuatu hal (yang disebutkan dalam motion tersebut) benar atau salah, baik atau tidak, signifikan atau tidak, tanpa memberikan langkah-langkah atau solusi penyelesaian. Baik motion THW maupun THBT, semua argument harus selalu disertai dengan bukti-bukti dan fakta-fakta yang relevan dan kuat serta contoh-contih yang relevan. Motion ada yang bisa langsung diperdebatkan dan ada juga yang harus didefinisikan terlebih dahulu.
Contoh-contoh motions;
-          THW stop importing rice
-          THW ban alchoholic drinks
-          THBT homeschooling is not good, dsb
E.  CARA MENDEFINISIKAN MOTION
Mendefinisikan motion maksudnya adalah mendeskripsikan motion agar lebih jelas dan lebih fokus atau lebih spesifik. Yang berhak mendefinisikan motion adalah affirmative team (team positif). Sedangkan tim negatif hanya berhak menyetujui atau menentang definisi tersebut. Apabila tim negatif menyetujui definisi itu maka debat akan dilanjutkan sesuai dengan motion yang telah didefinisikan tersebut. Perlu diketahui oleh semua debaters bahwa yang diperdebatkan adalah theme line bukan definisi ataupun motion debat. (theme line akan dijelaskan lebih lanjut nanti)
Jika tim negatif tidak setuju dengan definisi yang diajukan oleh tim positif, maka tim negatif harus menentang definisi tersebut dan memberikan definisi baru yang benar. Tindakan menentang definisi yang disampaikan oleh tim positif ini dinamakan dengan CHALLENGE DEFINITION. Akan tetapi tim negatif harus benar-benar teliti dan hati-hati sebelum melakukan CHALLENGE DEFINITION ini, karena definisi yang bisa ditentang hanyalah definisi yang,
-            TRUISTIC                                       : definisi yang sudah benar dan tidak dapat diperdebatkan lagi
-          TAUTOLOGICAL/ CIRCULAR         : definisi yang berputar-putar sehingga tidak jelas pointnya
-          SQUIRELLING                                : definisiyang tidak ada kaitannya dengan topik
-          TIME AND PLACE SETTING           : definisi yang mengambil setting background dengan waktu yang tidak tepat, misalnya mengambil kejadian yang sudah sangta tidak up to date, sehingga sulit diperdebatkan.
Untuk mendefinisikan motion, kita harus mengambil kata kunci yang penting dari motion tersebut dan mendefinisikannya sesuai dengan topik yang aktual yang bisa diperdebatkan. Misalnya, kita ambil motion “THW ban alchoholic drinks”. Disini ada dua kata penting, yaitu “ban” dan “alchoholic drinks”, kita harus mendefinisikan kata tersebut tidak sekedar definisi berdasarkan kamus. Ban (melarang=prohibit=not allow) maksudnya melarang yang bagaimana dan seperti apa.
Kemudian kata “alchoholic drinks” juga harus didefinisikan, tidak hanya sekedar “minuman beralkohol” saja tetapi juga perlu disertakan dengan “minuman beralkohol dengan kadar .....%”, dengan disertai ALASAN POKOK yang merupakan IDE POKOK atau yang biasa disebut dengan THEME LINE. THEME LINE ini menjawab dari pertanyaan MENGAPA. Mengapa suatu hal harus dilarang, mengapa hal harus dihentikan, mengapa suatu hal tidak harus dilarang, dsb. Theme line inilah yang akan diperdebatkan dalam debat bahasa inggris.
INGAT: Definisi dari tim positif harus JELAS, LOGIS sesuai motion, dan bisa diperdebatka/ada untuk diperdebatkan (debatable).
F.   ARGUMENT
Setiap argument yang baik harus selalu memuat A-R-E-L, yaitu
Assertion         : kalimat berisi pernyataan dari argument yang akan disampaikan.
Reasoning       : alasan yang mendukung pernyataan argument.
Evidences        : bukti-bukti dan fakta-fakta yang mendukung argument dan alasannya.
Link back         : mengaitkan kembali dengan pokok bahasan (theme line)
G.  REBUTTLE
Rebuttle adalah sanggahan dari argument lawan, yang harus di-rebut adalah argument pokok dari tim lawan. Rebutlle biasanya berdasarkan pada:
-          Fakta yang salah (error facts)
-          Bukti yang tidak relevan (irrelevan proof)
-          Hal-hal yang tidak masuk akal (illogical)
H.  JOB DESCRIPTIONS OF DEBATERS
AFFIRMATIVE TEAM
First speaker:
-          Menyampaikan motion
-          Memberikan background (latar belakang mengapa bisa muncul motion seperti itu, background ini dikaitkan dengan berita aktual yang berkaitan dengan motion)
-          Menyampaikan definisi dari motion
-          Menyampaikan room of debate (apa yang akan diperdebatkan dalam debat nanti)
-          Menyampaikan stance dari timnya (posisi dari timnya, apakah setuju atau tidak setuju dengan topik, tim positif akan selalu setuju dengan theme line, sedangkan tim negatif tidak setuju)
-          Menyampaikan theme line
-          Menyampaikan team split (pembagian kerja tim)
-          Menyampaikan argument pokok
-          Menyimpulkan dan mengaitkan dengan topik
Second speaker:
-          Me-rebut argument pokok first speaker tim negatif
-          Mengklarifikasi lagi kasus tim positif
-          Menyampaikan argument pokok second speaker
-          Mengaitkan argument pokok dengan topik/theme line
-          Menyimpulkan dan menyampaikan kembali theme line tim positif
Third speaker:
-          Me-rebut argument pokok second speaker tim negatif
-          Mengklarifikasi kasus tim positif
-          Mengulas kembali argument yang telah disampaikan oleh first dan second speaker tim positif
-          Menekankan kembali rebutal yang disampaikan oleh first dan second speaker tim positif, sambil terus menentang argument tim lawan
-          Memberikan lebih banyak contoh yang relevan dengan topik
-          Menyimpulkan apa yang disampaikan dan mengaitkan kembali apa yang disampaikan dengan topik
-          INGAT: pada third speaker tidak boleh ada NEW MATTER (argument/materi baru). Tugas utama pembicara ketiga adalah: ATTACK and give more examples. (umumnya ¾ dari waktu bicara untuk rebutal)
NOTE: yang berhak menyampaikan argument hanya pembicara 1 dan 2, karena waktu pembicara 1 banyak tersita untuk definisi, background, team split, dsb, maka argument yang paling inti sebaiknya disampaiakan oleh pembicara 2.
NEGATIVE TEAM
First speaker:
-          Merespon definisi yang disampaikan oleh first speaker tim positif; menyampaikan apakah menerima atau menolak definisi tersebut (accepts or challenges the defiintion)
-          Rebut / sanggahan argument yang disampaikan first speaker tim positif
-          Menyampaikan theme line tim negatif
-          Menyampaikan theme split (pembagian kerja) tim negatif
-          Menyampaikan argument pokok
-          Menyimpulkan dan mengaitkan dengan topik
Second speaker:
-          Me-rebut argument pokok second speaker tim positif
-          Rebuild kembali/ tegakkan lagi kasus /theme line tim negatif
-          Menyampaikan argument pokok second speaker negatif
-          Mengaitkan argument dengan theme line atau topik
-          Menyimpulkan dan menyampaikan kembali theme line tim negatif
Third speaker:
-          Rebut argument yang telah disampaikan oleh tim positif
-          Sampaikan kembali theme line / kasus yang disampaikan tim negatif; mengulas kembali argument yang telah disampaikan first and second speaker tim positif
-          Menekankan kembali rebutal yang disampaikan oleh pembicara 1 dan 2 tadi, sambil terus menentang argument tim lawan
-          Memberikan lebih banyak contoh yang relevan dengan topik
-          Menyimpulkan apa yang disampaikan dan mengaitkan kembali apa yang disampaikan.
-          INGAT: pada third speaker tidak boleh ada NEW MATTER (argument/materi baru). Tugas utama pembicara ketiga adalah: ATTACK and give more examples. (umumnya ¾ dari waktu bicara untuk rebutal)
REPLY SPEAKER
Reply speaker untuk tim positif maupun tim positif memiliki tugas:
1.      Overview the debate (mengulas kembali apa isi debat yang telah berlangsung tadi):
-       Clash of the debate (ketidakcocokan antara tim negatif dengan tim positif tadi, perbedaan pendapat yang terjadi tadi disampaikan)
-              Menyampaikan argument apa saja yang telah disampaikan timnya
-        Menyampaikan argument apa saja yang telah disampaikan tim lawan
-       Menyampaikan kelebihan dari argument timnya dan kelemahan dari argument tim lawan
-       Menekankan bahwa argument timnya lebih bagus dan lebih berhak untuk menang berdasarkan kelebihan argument timnya tadi. Jangan lupa untuk tetap dikaitkan dengan topik yang diperdebatkan.
2.      Reply speech bukanlah rebutal, jadi di sini sudah tidak boleh ada lagi rebutal, maupun hal-hal atau contoh-contoh baru.
3.      Yang bisa menjadi reply speaker adalah pembicara pertama atau pembicara kedua.

I.    TIMING DALAM DEBAT BAHASA INGGRIS
Tiap debater diberi waktu 7 menit untuk menyampaikan subtantive speech-nya (watu berbicara pada pembicara 1,2, dan 3). Tapi tidak untuk reply speech, untuk reply speech ini biasanya hanya 5 menit saja.
Jadi, untuk masing-masing tim diberi waktu:
-          First speaker          : 7 menit (subtantive speech)
-          Second speaker     : 7 menit (subtantive speech)
-          Third speaker        : 7 menit (subtantive speech)
-          Reply speech         : 5 menit (reply speech)
Pada subtantive speech tersebut, pada setiap menit ke-6 akan diberi tanda ketukan satu kali oleh time keeper. Diberi ketukan 2 kali pada menit ke-7, dan ketukan berulang-ulang pada menit ke-7 lebih 20 detik. Apabila terjadi undertime (kurang waktu, misal kurang dari 6 menit) akan mengurangi nilai. Apabila sudah diberi ketukan berulang-ulang tapi pembicara belum berhenti berbicara, maka apa yang dibicarakan atau disampaikan sudah tidak akan didengarkan lagi oleh juri, dan hal ini juga bisa mengurangi nilai.
Pada reply speech, pada menit ke-4 akan diketuk 1x, menit ke-5 akan diketuk 2x, dan pada menit ke-5 lebih 20 detik akan diketuk berulang-ulang.

J.  ASPEK YANG DINILAI DALAM DEBAT BAHASA INGGRIS
Ada 3 aspek yang dinilai dalam debat bahasa inggris:
1.      Manner dinilai 40%, meliputi:
Delivery (public-speaking skills): bagaimana cara penyampaian argument, efektif atau tidak.
Vocal style (volume suara), penggunaan bahasa, penggunaan catatan, kontak mata, gesture (gerakan-gerakan tubuh), posisi berdiri (stance), pakaian, humor, personal attack on opponents
2.      Methode dinilai 20%, meliputi:
Structure and organization (struktur/sistematika penyampaian pidato, urut atau tidak mulai dari awal sampai akhir sesuai dengan tugas sebagai first, second atau third speaker)
Overtime or undertime?
Kemampuan untuk merespon kasus/argument yang disampaikan lawan
3.      Matter dinilai 40%:
Materi /isi yang disampaikan dalam speech-nya, apakah relevan atau tidak, berbobot atau tidak.

Discussion Text Examples
Gift Card Bring Advantages and Disadvantages

Gift cards become more popular during recent years. For example, in one season of holiday, sales reach $19 billion in United Stated and seem to grow more in the following season due to their convenience in the side of consumers and retailers.

In retailers side, gift cards bring them some benefits. Selling gift card in simply selling product. When the cards are sold, they will get benefit. Additionally, gift card tends to be a matter of image and trend which means it is not strictly influenced by the functionality. Since gift card is the trend, the sales will increase significantly.

However, there is potential disadvantages in the side of consumers. For example, itune gift cards apply process in the way of completing the shopping. they need do one step to another steps in processing the shopping. Likely, most of the steps apply time and date of validity or expiration. When certain step loose that validating date, the gift cards may be in risk. The gift card can be rejected to redeem. Again, in retailers side, producing card its self is costly. It means that there is additional cost which retailers have to pay.
In whatever thing, we need to be wise. if we can use that gift



NARRATIVE
Purpose: To amuse/entertain the readers and to tell a story

Generic Structure:
1. Orientation
2. Complication
3. Resolution
4. Reorientation

Dominant Language Features:
1. Using Past Tense
2. Using action verb
3. Chronologically arranged

RECOUNT
Purpose: to retell something that happened in the past and to tell a series of past event

Generic Structure:
1. Orientation
2. Event(s)
3. Reorientation

Dominant Language Features:
1. Using Past Tense
2. Using action verb
3. Using adjectives
Narrative and recount in some ways are similar. Both are telling something in the past so narrative and recount usually apply PAST TENSE; whether Simple Past Tense, Simple Past Continuous Tense, or Past Perfect Tense. The ways narrative and recount told are in chronological order using time or place. Commonly narrative text is found in story book; myth, fable, folklore, etc while recount text is found in biography.
The thing that makes narrative and recount different is the structure in which they are constructed. Narrative uses conflicts among the participants whether natural conflict, social conflict or psychological conflict. In some ways narrative text combines all these conflicts. In the contrary, we do not find these conflicts inside recount text. Recount applies series of event as the basic structure

DESCRIPTIVE
Purpose: to describe a particular person, place or thing in detail.

Dominant Generic Structure:
1. Identification
2. Description

Language Features:
1. Using Simple Present Tense
2. Using action verb
3. Using adverb
4. Using special technical terms


REPORT
Purpose: to presents information about something, as it is.

Generic Structure
1. General classification
2. Description

Dominant Language Feature
1. Introducing group or general aspect
2. Using conditional logical connection
3. Using Simple Present Tense

EXPLANATION
Purpose: To explain the processes involved in the formation or working of natural or socio-cultural phenomena.

Generic Structure:
1. General statement
2. Explanation
3. Closing

Dominant Language Features:
1. Using Simple Present Tense
2. Using action verbs
3. Using passive voice
4. Using noun phrase
5. Using adverbial phrase
6. Using technical terms
7. Using general and abstract noun
8. Using conjunction of time and cause-effect.

ANALYTICAL EXPOSITION
Purpose: To reveal the readers that something is the important case

Generic Structure:
1. Thesis
2. Arguments
3. Reiteration/Conclusion

Dominant Language Features:
1. Using modals
2. Using action verbs
3. Using thinking verbs
4. Using adverbs
5. Using adjective
6. Using technical terms
7. Using general and abstract noun
8. Using connectives/transition

HORTATORY EXPOSITION
Purpose: to persuade the readers that something should or should not be the case or be done

Generic Structure:
1. Thesis
2. Arguments
3. Recommendation

Dominant Language features:
1. Using Simple Present Tense
2. Using modals
3. Using action verbs
4. Using thinking verbs
5. Using adverbs
6. Using adjective
7. Using technical terms
8. Using general and abstract noun
9. Using connectives/transition
Then what is the basic difference between analytical and hortatory exposition. In simple word. Analytical is the answer of "How is/will" while hortatory is the answer of "How should". Analytical exposition will be best to describe "How will student do for his examination? The point is the important thing to do. But for the question" How should student do for his exam?" will be good to be answered with hortatory. It is to convince that the thing should be done

PROCEDURE
Purpose: to help readers how to do or make something completely

Generic Structure:
1. Goal/Aim
2. Materials/Equipments
3. Steps/Methods

Dominant Language Features:
1. Using Simple Present Tense
2. Using Imperatives sentence
3. Using adverb
4. Using technical terms

DISCUSSION
Purpose: to present information and opinions about issues in more one side of an issue (‘For/Pros’ and ‘Against/Cons’)
Generic Structure:
1. Issue
2. Arguments for and against
3. Conclusion
Dominant Language Features:
1. Using Simple Present Tense
2. Use of relating verb/to be
3. Using thinking verb
4. Using general and abstract noun
5. Using conjunction/transition
6. Using modality
7. Using adverb of manner

REVIEW
Purpose: to critique or evaluate an art work or event for a public audience

dominant Generic Structure:
1. Orientation
2. Evaluation
3. Interpretative Recount
4. Evaluation
5. Evaluative Summation

Dominant Language features:
1. Focus on specific participants
2. Using adjectives
3. Using long and complex clauses
4. Using metaphor

ANECDOTE
Purpose: to share with others an account of an unusual or amusing incident

Generic Structure:
1. Abstract
2. Orientation
3. Crisis
4. Reaction
5. Coda.

Dominant Language Features:
1. Using exclamations, rhetorical question or intensifiers
2. Using material process
3. Using temporal conjunctions

SPOOF
Purpose: to tell an event with a humorous twist and entertain the readers

Generic Structure:
1. Orientation
2. Event(s)
3. Twist

Dominant Language Features:
1. Using Past Tense
2. Using action verb
3. Using adverb
4. Chronologically arranged

NEWS ITEM
Purpose: to inform readers about events of the day which are considered newsworthy or important

Dominant Generic Structure:
1. Newsworthy event(s)
2. Background event(s)
3. Sources

Dominant Language Features:
1. Short, telegraphic information about story captured in headline
2. Using action verbs
3. Using saying verbs
4. Using adverbs : time, place and manner.



Contoh Procedure Text : Boiling egg in simple and easy way
How to fried an egg 
Eggs are a rich source of protein and vitamins and are generally healthy to eat, unless you have a high cholesterol level.

You can eat eggs raw, boiled or cooked in a pan as scrambled eggs or an omelet. Boiling eggs is one of the easiest ways to prepare them. Follow the steps!

First of all, place the raw egg in a saucepan!
Second, Run cold water into the saucepan until the water is 1 inch above the egg.
After that, Place the saucepan on a stove and cook over medium heat until the water begins to boil.
The next, don't forget to reduce the heat to low
Then, Simmer for 2 to 3 minutes for soft-boiled eggs or 10 to 15 minutes for hard-boiled eggs.
Finally, Remove the egg with a spoon or ladle and let it cool slowly, or run cold water over it to cool it more quickly.

The Perfect Fried Egg - The Correct Procedure

Having taken our egg(s) from the refrigerator at least a couple of hours previously, we are ready to proceed with the frying.
Add a little oil to a non-stick pan and gently bring it up to a medium heat. As the pan is heating, crack your egg in to a small cup or bowl.
When the pan has reached the required heat, very gently tip the egg in to it. If the egg starts to over-spread itself around the pan, it has either been too cold or you have added too much oil. Hopefully, neither will be the case and we can watch our egg gently fry for two or three minutes.
If you wish your egg to be sunny side up, fry it for a total of about four minutes for a medium textured yolk, or more or less dependant upon your taste. If, however, you intend doing as I have done in the photograph to the right and wish to put your fried egg on a bread roll, I suggest you turn it very carefully with a plastic spatula after about three minutes and allow it to cook on the other side for a couple of minutes.
Broe..... yang lagi ndomblong en bengong ?
bingung mikirin apa ?
Sambil ngemil aja....
Murah Kok :
1. Mini Packet Rp. 5.000,- / Bungkus
2. Small Packet Rp. 10.000,- / Bungkus
3. 1 kg Rp. 25.000,-

Tujuan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran (APK)
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
1. Mengembangkan dan menerapkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis
dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi (komputer) untuk
melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan,
mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya
4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai


TUGAS KALIAN
1. Tulislah
50 Adverb
50 Verb
50 Naoun
50 Adjective
2. Dikumpulkan Pertemuan Berikutnya
3. Jangan sama dengan temannya
4. Good Luck..., :-D thanks

Semangat Pagi Dunia.......! Semangat Pagi anak-anak Akuntansi......!


Dalam hidup, sering kita dihadapkan pada berbagai alternatif keputusan yang mau tidak mau harus kita pilih. Setiap pilihan pasti mengandung konsekuensi dan resiko. Karena hidup itu memang sebuah pilihan, maka tentukan pilihanmu dengan tepat agar kamu tidak menyesal seumur hidupmu...
Memilih akuntansi sebagai jurusan hidup di SMK Khozinatul Ulum Todanan juga sebuah keputusan yang mungkin saja historinya bisa berbeda-beda bagi setiap personal. Mungkin karena sejak awal memang sudah jatuh cinta pada akuntansi. Tepatnya cinta pada pandangan pertama. Atau mungkin ada yang awalnya biasa-biasa saja, semakin lama semakin tertarik dan endingnya really2 fall in love. Ada juga karena alasan lain yang kurang enak ,"Karena Terpaksa". Apapun alasanmu memilih jurusan akuntansi

Ni Tugas Kalian
1. Buatlah 50 Istilah Akuntansi dan Translate Ke Bahasa Indonesianya.
2. Dikumpulkan dikertas
3.  Nilai Akan di share di FB Maka kerjakan dengan sungguh - Sungguh
4. Thanks good luck


 
Allah Akan Mudahkan Jalan Menuju Surga          
Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah atas limpahan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Nikmat Iman, nikmat Islam, nikmat Sehat dan nikmat-nikmat yang lain yang kita tidak akan bisa menghitungnya.
وَآتَاكُمْ مِنْ كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لا تُحْصُوهَا إِنَّ الإنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ
"Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat dzalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)." QS. Ibrahim : 34.
 Kita wajib bersyukur atas nikmat Allah, sebagaimana Allah SWT  perintahkan di dalam Al-Quran :
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلا تَكْفُرُونِ

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." QS. Al Baqarah : 152
 Agama ini adalah nasihat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : ""Agama itu Nasihat (3x)." Kami bertanya, "Untuk siapa wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, " Untuk Allah, KitabNya, RasulNya, dan untuk pemimpin kaum Muslimin serta kaum Muslimin pada umumnya." (HR.Muslim) dari jalan Abu Ruqayyah Tamim bin Aus ad-Dari RA.
Kewajiban Menuntut Ilmu (Syar'i)
Ilmu adalah pokok segala urusan. Jangankan masalah ibadah kepada Allah, masalah duniawi saja kita butuh yang namanya ilmu. Berapa banyak manusia yang menuntut ilmu untuk duniawi hingga bertahun-tahun lamanya, sehingga sebagian besar dari mereka lalai untuk menuntut ilmu syar'i (ilmu agama).
 Padahal ilmu syar'i itu lebih penting, bagaimana mungkin seseorang bisa beribadah kepada Allah dengan benar tanpa ilmu ? Mustahil. Maka dari itu Al Imam Al Bukhari rahimahullah memberikan bab khusus di dalam kitab Shahih Bukhari yaitu bab : " Al 'Ilmu Qoblal Qouli wal 'Amal " (Bab : Ilmu sebelum beramal dan berbuat)
 Dalilnya adalah firman Allah SWT :
" Maka ketahuilah, bahwa tidak ada Tuhan ( Yang Haq ) melainkan Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu " QS. Muhammad : 19.
Allah SWT  memulainya dengan ilmu sebelum ucapan dan perbuatan. Firman Allah " Maka ketahuilah, bahwa tidak ada Tuhan ( Yang Haq ) melainkan Allah " ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW  dan juga mencakup seluruh umat. Ini merupakan perintah untuk berilmu (Ketahuilah). Sedangkan firman Allah "dan mohonlah ampunan bagi dosamu" merupakan perintah untuk beramal (berbuat).

 Perlu kita ketahui bersama bahwa wajib hukumnya menuntut ilmu (ilmu syar'i) bagi setiap muslim. Dalilnya adalah hadits yang  diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari sahabat Anas bin Malik RA dari Nabi SAW , beliau bersabda," Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim." Yang dimaksud dengan ilmu disini sebagaimana penjelasan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah adalah ilmu syar'i yang dibawa oleh syariat.
 Inilah ilmu yang mana pemiliknya dipuji, demikian pula orang yang mengajarkan dan mempelajarinya. Bukan ilmu yang berkenaan dengan dunia, seperti ilmu hitung, ilmu ukur, dan lain sebagainya.
 Ilmu syar'i terbagi menjadi dua bagian : sebagian fardhu 'ain yang mana setiap orang wajib mempelajarinya dan sebagian fardhu kifayah yang apabila telah ada yang mempelajarinya dengan ukuran cukup, maka gugur hukum wajibnya bagi orang lain.
Contoh Ilmu yang hukumnya fardhu 'ain yang wajib atas setiap orang adalah kewajiban orang untuk mempelajari apa-apa yang wajib hukumnya berkenaan dengan urusan agamanya.
 Seperti keharusan belajar tentang tauhid kepada Allah dan penjelasan tentang apa-apa yang merusak dan membatalkannya berupa berbagai macam syirik, baik yang nyata atau yang terselubung, yang kecil atau yang besar.
 Demikian juga sholat, sholat adalah fardhu atas setiap individu dan tidak pernah gugur dari seorang muslim selamanya selama akalnya normal. Maka orang harus mempelajarinya dan mempelajari apa-apa yang menjadi keharusan berupa tata cara bersuci dan lain-lain sehingga ia benar-benar menyembah Allah dengan ilmu dan keyakinan.
 Sedangkan yang fardhu kifayah seperti ilmu waris, ilmu hadits, dan lain-lain. Wallahu a'lam bish showab.
Keutamaan Menuntut Ilmu Syar'i
"Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?"" QS. Az Zumar : 9
 Jawabannya telah kita ketahui bersama, bahwa tidak akan sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui. Ayat ini berbentuk kalimat tanya, tetapi sebenarnya mempunyai arti kalimat peniadaan karena orang yang berilmu dan orang yang tidak berilmu tidak akan pernah sama. Orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah, sebagaimana firmanNya dalam Al Quran Surat Al Mujadilah ayat 11 "...Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat..." Allah mengangkat beberapa derajat orang yang berilmu dan beriman karena memang merekalah yang berhak mendapatkannya. Ini merupakan penjelasan dari Syaikh Salim bin 'Ied Al Hilali hafidzohullah dalam kitabnya Bahjatun Nadziriin Syarh Riyaadhish Shalihiin.




DAFTAR NAMA SISWA PRAKERIN
TODANAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN
No Nama Siswa Nomor HP Tempat Prakerin / Industri Alamat Prakerin / Nomor HP Ket
1 ROMYAN ULISSUHA   KECAMATAN TODANAN    
2 RAHMA JULIYANTI   KECAMATAN TODANAN    
3 ANI NUR ALFIAH   KECAMATAN TODANAN    
4 EKA APRILIANI   KECAMATAN TODANAN    
5 ALI MISBAH   KECAMATAN TODANAN    
6 DESI MARIANA   KECAMATAN TODANAN    
7 IKA MEIFITRIANA   KECAMATAN TODANAN    
8 PITANINGSIH   PLKB TODANAN    
9 NUR MAHARANI DYANINGSIH   PLKB TODANAN    
10 RINA RIYANTI   KANTOR POS TODANAN    
11 SRI MURTIANA   KANTOR POS TODANAN    
12 EVA SEJATI   KANTOR POS TODANAN    
13 AYUK ROHMAWATI   KANTOR DIKNAS TODANAN    
14 SITI AISAH   KANTOR DIKNAS TODANAN    
15 DODI SETIAWAN   KANTOR DIKNAS TODANAN    
16 ISWAHYUDI   KANTOR DIKNAS TODANAN    
17 ERNA NOVITASARI   PUSKESMAS TODANAN    
18 ESTER KAROLIK A.L   PUSKESMAS TODANAN    
19 DEVY APRILIA   PUSKESMAS TODANAN    
20 BENITA RISLATI   PUSKESMAS TODANAN    
AKUNTANSI
No Nama Siswa Nomor HP Tempat Prakerin / Industri Alamat Prakerin / Nomor HP Ket
1 MUDI KURNIAWAN 089669009421 BANK BPR BKK TODANAN TODANAN - JAPAH  
2 RISKI MUHAMMAD FERDINAN AKBAR 085226169736 BANK BPR BKK TODANAN TODANAN - JAPAH  
3 SITI NURIYANTI 081914232598 KSP AMANAH TODANAN - JUANA  
4 YUNI RATNASARI 087717320595 KSP AMANAH TODANAN - JUANA  
5 WIJIK ERLIA MUKTI 087833423767 KSP AMANAH TODANAN - JUANA  
6 AINI MARFU'AH 085327016768 BMT MANGGIR NGUMBUL TODANAN  
7 PUJI ENDAH RATNASARI 085290316905 BMT MANGGIR NGUMBUL TODANAN  
TEKNIK SEPEDA MOTOR
No Nama Siswa Nomor HP Tempat Prakerin / Industri Alamat Prakerin / Nomor HP Ket
1 FIRMAN HADI SOLEKHAN 087742018851 YOGA MOTOR  JL. NDAPUR - KEDUNGWUNGU  
2 KHOIRUL ARIFIN 085200217665 NETRAL MOTOR JL. KEDUNGWUNGU - TODANAN  
3 LASTONO 089637453916 WARIN BENGKEL JL. KETILENG - TODANAN  
4 SINGGIH RAHAYU 085799713563 YOGA MOTOR  DS. SORONINI  
5 YUDHA AGUSTYA P 089616810240 GATEB SPEED DS. KALITENGAH - TODANAN  
6 HENDRO SUYITNO 087833386444 BGS RA KETHE RA HORE DESA GAYAM  
7 JUJUK MUJIYONO   AGUNG MOTOR PRIGI  
8 SA'RONI MA'RUF 085201038456 SIRIN MOTOR NGUMBUL  
9 SUWANDI 089695815173 YOGA MOTOR  JL. NDAPUR - KEDUNGWUNGU ( TODANAN )  
10 AHMAD CHAERONI ALI 082323321999 PELANGI MOTOR PURWODADI  
11 NURDIYANTO 089637453916 WARIN BENGKEL GENENGAN ( TODANAN )  


Daftar Nilai yang di blog hijau
B.2.2 Uraian Materi 2 Dialogue 1 Andy : I heard that you have cancelled your plan for studying abroad. Titin : Yes. My mother didn’t allow me to go. Andy : What a terrible situation. Titin : Thank you. I think I’ll continue my study here. Andy : The fact that your mother didn’t allow you to go is surprising. Titin : Yes. She is the one who always supports me a lot. Andy : Maybe, she worries about you so much. Titin : Maybe, who knows. Dialogue 2 Ms. Rin : So, Annie. Are you going to go to Jakarta tomorrow? Annie : Yes, Mam. The company offers me a good position. Ms. Rin : Congratulation on your success. Annie : Thank you, Mam. The news that came yesterday is amazing. Ms. Rin : Don’t worry. I believe that you can handle it and good luck. Annie : Thank you, Mam. I wish a good luck for you too. Dialogue 3 Jon : Unbelievable. I got 50 on my math test. Gina : Oh, what a shame. You were absent too often. Jon : But I think I can answer all the questions. Gina : Okay. Why don’t we see Mr. Albert and ask. Jon : Sure, Let’s go. B.2.3 Rangkuman 2 Ungkapan dan respon yang digunakan untuk menyatakan simpati dalam bahasa Inggris sangat bervariasi sesuai dengan situasinya baik dalam situasi resmi maupun tidak resmi. Perhatikan dengan teliti perbedaannya. B.2.4 Tugas 2 - Read the dialogue very carefully and then try to answer the questions that followed. - Read the dialogues once again and find the words that are considered unknown to you. Don’t use a dictionary first, but just guess the meaning from the context given. - Consult to your partner and then make a little chat about the dialogue. Tell your opinion and ask your friend opinions. If necessary, you can report it to other friends. - In case for a lively class, you may create a role play with your partner using the expressions of sympathy. Sharing your pair work to other friends. - Further questions, you may contact your advisor. Based on the dialogue above please answer the questions that follow. 1. Who is Titin? 2. What happened to her? 3. What do you think about Titin’s mother? 4. If you were Titin, what would you do? 5. What happened to Annie? 6. Is she going to work in Jakarta? 7. The news that came yesterday is about … 8. Jon and Gina are … 9. Who is Mr. Albert? 10. Why do they want to see Mr. Albert? B.2.5 Tes Formatif 2 Work in pairs. Make up a dialogue based on the following situation. 1. You and your partner are working in the same company. The boss will raise your friend’s salary since she is able to sell 100 unit of the company’s new product. 2. You and your friend are manager of two different banks. The mother of your friend got a surgery operation and passed away. What would you say to him/ her? 3. You and your friend are SMK students. Your friend got 100 on his/ her accounting task. What would you say to him/ her?
A fried egg is a cooked dish commonly made using a fresh hen's egg fried whole with minimal accompaniment. They are traditionally eaten for breakfast in western countries, but may be eaten at other times of the day

UN BAHASA INGGRIS SMK  2012
Number 1.
Look at picture number 1 on your test paper
 a. Some people are playing soccer.
 b. The man is holding a stick.
 c. They are throwing the ball.
 d. Someone is picking up an umbrella.

Number 2.
Look at picture number 2 on your test paper
 a. Some people are standing at the bus stop.
 b. The passengers are getting out of the bus.
 c. The bus is at the shelter.
 d. The car is parked behind the bus.

Number 3.
Look at picture number 3 on your test paper
 a. She looks very happy.
 b. She is wearing a scarf on her neck.
 c. She has a very short curly hair.
 d. She is very fat.

Number 4.
Look at picture number 4 on your test paper
 a. They are waiting to board the bus.
 b. There are some passengers on the bus.
 c. The park is crowded with pedestrian.
 d. There are many people on the train
Therefore, you should mark (A) on your answer sheet.

 Number 5
 How about spending our vacation at the beach?

 a. No, we didn’t spend a lot of money there.
 b. That sounds like fun.
 c. We had a great vacation.

 Number 6
 What kind of house do you live in?

 a. It is located near the town.
 b. I left the big house yesterday.
 c. It is made of wood with a small garden.

 Number 7
 What did you learn at the workshop last week

  a. Well, they learned about banking.
  b. The teacher is very experienced.
  c. It was more complicated than I thought.
er 8.
 LADY :Did you sign up for next month business conference?
 MAN : Not yet, I plan to send it my registration tomorrow.
 LADY: You’d better do it soon. Friday is the last day for registration.

 Number 9
 MAN : What did you think of last month box office movie
 LADY : I thought it was great.
 MAN : I enjoyed it, too.

 Number 10
 MAN : Hello. Yes, I’d like to book a table for four on Thursday 9th.
 LADY : I’m sorry. Sir, but we have a private party reserved for that evening. Can I recommend that you consider another day? We are open at four to eleven in the evening.
 MAN :Oh, in that case, make it Friday evening at six thirty.
 LADY : Alright, Sir. And whose name shall I book the table under?
 MAN : Budi Santoso, please.

 Number 11
 LADY : Have you decided where we will stay on our vacation?
 MAN : Not yet, would you like to stay at the Grand hotel or at the Ritz?
 LADY: 'The Grand hotel isn’t as convenient as the Ritz.
 MAN : Yes, and the Ritz is less expensive than the Grand. So we won’t spend a lot of money for staying.

 Question 12 and 13 refer to the following announcement

 When entering the building, please sign in at the desk and get a visitor’s pass. You will need to wear it at all time when you are in the building. Then wait for an escort to accompany you to your destination. You must also be escorted back to the reception desk. Please don’t forget to sign out and return your pass when leaving the building. Thank you for your cooperation.

 Now read question number 12 and answer it
 Now read question number 13 and answer it

 Question 14 and 15 refer to the following advertisement

 Are you frustrated because you need to know a language for business reasons, but you are just too busy to take classes. Then order a language kit from Perfect Lingua. Watch our DVD and work from our CD ROM in the comfort of your own home. Learn in a natural way by listening to native speakers in business situation and then responding to them in your own word. Courses now available in English, Spanish and Japanese. Each kit contains four workbooks, two DVDs and one CD ROM. Call Perfect Lingua now at 23096807.

 Now read question number 14 and answer it
 Now read question number 15 and answer it

Copyright © 2013 mugys-dt.go.id